Permasalahan Apa Saja yang Dihadapi dalam Bidang Pendidikan Matematika (lanjutan) :
Rangkuman kali ini merupakan rangkuman hasil bahasan materi minggu lalu beserta perbaikannya :
- Kurikulum yang diatur oleh pemerintah membuat guru kaku dalam mengajar
- Kepribadian/kompetensi guru yang kurang memadai menyebabkan kurangnya kinerja guru
- Permasalahan ekonomi yang mengharuskan guru bekerja bukan karena panggilan nurani menyebabkan guru tidak mampu menyiapkan diri untuk mengajar dengan baik
- Kurang bervariasi dalam menyiapkan metode pembelajaran
- Kurangnya motivasi dalam diri guru
- Kurangnya pelatihan yang diberikan kepada guru
2. Siswa
- Ketertarika terhadap guru karena dari berbagai aspek seperi, cara mengajar guru atau karakter guru itu sendiri
- Pembelajaran yang monoton menyebabkan anak kurang tertarik dengan pelajaran
- Matematika dianggap sulit karena rumus-rumus yang dianggap banyak
- Siswa belum memahami materi prasyarat, sehingga sulit untuk memahami materi berikutnya
- Pemahaman buku yang kurang karena materi yang terlalu abstrak
- Penerapan waktu lima hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi
- Kemampuan siswa yang variatif, yang kurang pintar merasa minder yang disebabkan dari berbagai faktor seperti (orangtua, lingkungan)
- Fasilitas yang dimiliki siswa kurang sehingga tidak menunjang kegiatan belajar siswa
- Jadwal belajar khusus MIPA yang sesuai dengan kondisi berpikir siswa
- Perjuangan yang kurang sehingga menyebabkan rasa malas dan kurang tertarik karena tidak sesuai dengan cita-cita anak
- Kecemasan ketika ujian karena kurangnya persiapan atau pemahaman terhadap materi
- Kondisi tubuh menyebabkan kondisi fisik dan kurangnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran.
- Kecanduan game, computer atau internet sehingga pendidikan diabaikan
- Kepala sekolah kurang memonitori kegiatan sekolah disebabkan karena jadwal yang padat
- Pengetahuan IT yang kurang
- Kurangnya pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah
- Niat menjadi kepala sekolah karena ekonomi dan status sosial, ini hanya berlaku jika dalam perekrutan kepala sekolah tidak menggunakan prosedur yang ada
- Pengelolaan dana sekolah kurang optimal
- Manajemen kepemimpinan kurang memadai
- Sosialisasi atau hubungan dengan guru-guru kurang sehat
4. Dinas pendidikan
- Evaluasi pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata
- Pelatihan kurang efektif baik tempat maupun waktu
- Kurang monitoring, hanya melaksanakan tugas
- Pemerataan dana pendidikan
- Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan alokasinya
- Sistem Pelayanan administrasi
5. Orang tua
- Biaya pendidikan
- Fasilitas untuk anak kurang memadai
- Wawasan orang tua yang minim menyebabkan anak kurang mendapat pendidikan melalui orangtua
- Tuntutan terhadap anak untuk mengikuti apa yang mereka mau
- Komunkasi yang tidak lancar karena kesibukan orang tua
- Tidak ada keteladanan yang ditunjukkan pada anak
- Pola pemilihan sekolah yang tidak tepat menyebabkan anak kurang bersemangat
- Orang tua kurang peka terhadap kebutuhan siswa
Kemudian beberapa faktor lagi
yang kami bahas dalam diskusi ini terkait pendidikan matematika, yaitu:
6. Lingkungan :
- Kurangnya sarana dan prasana
- Suasana akademis yang tidak memungkinkan untuk belajar
- Suasana hijau yang kurang
7. Matematika
- Soal yang diberikan tidak sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari
- Pola pikir bahwa rumus matematika tidak untuk dihafal tapi untuk dipahami
- Kurangnya pemahaman ilmu dasar matematika
- Materi yang diberikan tidak sesuai dengan tingkat penalaran siswa
- Tingkat kesulitan soal
- Konsep belum diketahui manfaatnya
- Matematika simbolik
- Materi padat, menghafal
0 komentar:
Posting Komentar